Monday 16 September 2013

ES DALUMAN SAGU MUTIARA

Daluman merupakan salah satu minuman tradisional khas Bali. Minuman dingin semacam ini adalah berupa cincau hijau yang diberi kuah santan dan gula aren sehingga rasanya manis dan sangat segar.

Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya-tanya, terus apa bedanya dengan es cincau pada umumnya?, dan jawabannya adalah jika es cincau biasa menggunakan santan biasa namun untuk es Daluman khas Bali ini menggunakan santan namun yang terbuat dari kelapa bakar. Hal ini akan menghasilkan sebuah cita rasa yang berbeda dari minuman dingin sejenis yang sama-sama menggunakan kuah santan.

Selain itu dalam membuat minuman dingin ini, selain cincau hijau yang juga menjadi ciri khasnya, terkadang ada juga yang membuatnya dengan menambahkan bahan lain seperti sagu mutiara agar menambah kesegarannya ketika dinikmati terutama ketika cuaca sedang panas. Namun sayangnya minuman dingin pelepas dahaga seperti ini kebanyakan hanya bisa ditemukan di Bali saja dan sulit untuk bisa ditemukan didaerah lain, sehingga bagi anda yang penasaran dengan rasanya tentu harus berlibur ke Bali. Namun tenang saja jika anda memang penasaran dengan kesegarannya akan tetapi belum memiliki waktu untuk ke Bali, maka cobalah untuk membuatnya sendiri. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuat es Daluman khas Bali tersebut.

Resep Es Daluman
150 gram Cincau Hijau
100 gram Sagu Mutiara
750 ml Santan cair dari kelapa bakar
250 ml Gula Aren cair
2 lembar daun pandan wangi simpulkan
Es Serut secukupnya

Cara membuat
  1. Potong-potonglah cincau hijau sesuai selera, dan sagu mutiara direbus hingga empuk dan bening kemudian sisihkan.
  2.  Rebuslah santan bersama, daun pandan, dan sedikit garam pada api kecil hingga mendidih, kemudian angkat dan tunggu hingga dingin.
  3. Tuangkan santan setengah bagian, kemudian masukan cincau hijau dan sagu mutiara, yang terahir baru tuangkan gula merahnya.

No comments:

Post a Comment