Tuesday 17 September 2013

BERAPA LAMA DELAPAN BAHAN MAKANAN INI BISA DISIMPAN?

SEBAGIAN bahan makanan bisa disimpan dalam waktu lama adapula yang tidak. Terpenting, proses penyimpanan harus dilakukan dengan baik agar makanan bisa bertahan lebih lama.
Simak panduan menyimpan beberapa bahan makanan di bawah ini, seperti diulas The Daily Meal:

Makanan olahan

Sisa makanan matang bisa disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara selama empat sampai lima hari. Makanan, mentah maupun matang, sebaiknya tidak biarkan pada suhu ruangan lebih dari empat jam agar terhindari dari risiko keracunan.

Jika makanan berada di ruang panas yang tinggi, maka bakteri akan tumbuh dengan cepat. Karena itu, ketika menyimpan makanan dalam kulkas atau freezer, pastikan dimasukkan ke wadah kedap udara. Sementara, salad, seperti tuna atau ayam, umumnya bisa disimpan selama tiga hingga empat hari dalam kulkas.

Makanan segar

Rempah-rempah beraroma wangi sebaiknya dicuci sebelum disimpan, kemudian dibungkus dengan handuk kertas agar tidak lembab. Setelah itu, tempatkan ke dalam plastik. Lama penyimpanan tergantung pada rempah-rempah, misalnya kemangi bisa bertahan selama empat hari, daun ketumbar selama tujuh hari, dan lainnya. Tentu saja, dengan penyimpanan yang baik maka kesegarannya akan selalu terjaga.

Sisa selada dapat dicuci dan disimpan dengan cara yang sama. Bungkus selada dengan handuk kertas lalu tempatkan dalam kantong plastik. Di kulkas, selada bisa tahan tiga hingga empat hari. Sementara, jamur segar bisa bertahan sampai lima hari bila disimpan dengan baik. Caranya, bungkus jamur dengan handuk kertas lalu segel dalam kantong plastik.

Umbi-umbian

Daya tahan kacang tergantung varietasnya. Umumnya, kacang dapat disimpan dalam lemari es selama tiga hingga lima hari dalam plastik yang terbungkus rapat. Sementara bawang, seusai dipotong sebaiknya bungkus bawang dengan rapat lalu simpan dalam wadah kedap udara. Saat dimasukkan dalam kulkas, bawang bisa bertahan selama empat hari. Kentang bila disimpan di tempat sejuk dan gelap bisa digunakan sampai dua pekan mendatang. Sementara, kentang yang baru harus digunakan dalam beberapa hari. Ubi jalar dapat disimpan selama tiga hingga empat minggu di tempat yang sejuk dan gelap.

Telur

Telur harus selalu didinginkan jika tidak digunakan segera karena bahan makanan ini akan cepat kehilangan kualitasnya bila disimpan pada suhu ruangan. Telur paling baik digunakan dalam kurun sepekan dan dapat disimpan sampai tiga hingga empat pekan di dalam kulkas.

Sebisa mungkin hindari menyimpan telur berdekatan dengan bahan makanan beraroma tajam, seperti bawang merah ataupun bawang putih. Sebab, telur merupakan bahan makanan yang mudah menyerap bau.

Keju

Ada keju tertentu, seperti gorgonzola atau Roquefort, yang memiliki jamur aman untuk dimakan. Namun, jangan pernah memakan jamur yang ada pada keju segar, seperti brie atau mozzarella. Secara umumnya, keju dapat disimpan di kulkas sampai dua pekan bila dibungkus rapat dalam kantong plastik. Untuk keju semi lunak, seperti cheddar atau gouda, bisa disimpan selama dua hingga tiga pekan dalam kulkas.

Daging

Untuk unggas, babi, dan kambing simpan dengan cara dibungkus dalam kulkas selama satu hingga dua hari. Sementara, daging potonga dapat disimpan tiga hingga empat hari dalam kulkas selama daging dibungkus rapat.

Makanan laut

Kebanyakan makanan laut paling baik dikonsumsi saat masih dalam keadaan segar. Bila ingin didinginkan, maksimal dua hari sebelum digunakan. Kerang harus didinginkan dan digunakan dalam waktu satu hingga dua hari, kepiting harus dimasak segera sedangkan produk kepiting kalengan bisa dimakan dalam waktu empat hari setelah dibuka, lobster harus dimasak segera dan pastikan bagian ekor menggulungnya sebagai tanda kesegarannya, udang harus ditutup rapat dan berada dalam kondisi dingin untuk maksimal digunakan dua hari kemudian atau bisa didinginkan sampai tiga hari ke depan.

Beras

Semua jenis beras harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Seperti halnya minyak, wine, dan rempah-rempah, beras bisa disimpan tanpa batas waktu sedangkan beras merah hanya mampu bertahan sampai enam bulan

No comments:

Post a Comment